Jenis - Jenis Anggrek Tanah


Jenis Anggrek tanah
Tanaman anggrek tanah adalah tanaman dari keluarga anggrek yang hidup di tanah (Terestial). Tanaman anggrek tanah berasal dari daerah kepulauan pasifik (Hawai dan Florida) kemudian menyebar ke kawasan tropis dan semitropis. Nama tanaman anggrek tanah dalam bahasa Inggris adalah Ground Orchid. Fungsi dan kegunaan tanaman anggrek tanah bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai tanaman hias depan rumah karena tanaman anggrek ini mempunyai warna bunga yang indah dan menarik.
Berikut ini beberapa Jenis Anggrek tanah

1.Vanda Douglas 
Anggrek Tanah Jenis Vanda Douglas,Dengan ciri khas warna bunga Ungu yang sangat cantik dan menarik.Tinggi batang anggrek 50-60cm.Anggrek jenis ini sangat mudah perawatanya serta
tahan sinar matahari langsung dan cuaca Extrim.Cara menanam atau budidayanya dengan cara di Stek/potong.Media Tanam bisa menggunakan serbuk gergaji/sabut kelapa/arang.Sebagai alat bantu tanam kita bisa menggunakan kayu/bambu sebagai penyangga batang anggrek .Untuk Pupuk kita bisa memanfaatkan Sampah daun/rumput kering yang tumbuh di sekitar kebun,atau agar tanaman bisa tumbuh subur bisa di beri Pupuk sekam (kotoran ayam). Agar Batang anggrek tidak terserang hama penyakit kita bisa Menyemprot pestisida Satu minggu sekali.

2.Kalajengking Kuning (Megiwi)
Anggrek kalajengking (Arachnis flos-aeris) atau biasa disebut Anggrek ketonggeng adalah salah satu Species Anggrek yang memiliki bentuk unik, dikarenakan bentuk bunganya yang mirip dengan hewan kalajengking.Anggrek ini merupakan jenis anggrek yang dapat hidup di alam terbuka atau daerah yang terkena sinar matahari langsung.Wilayah penyebarannya meliputi pulau Sumatera,Jawa,Bali,Kalimantan dan Malaysia.

3.Gimstori (Kalajengking  Merah)
Hampir mirip dengan Kalajengking kuning,Jenis gimstori dengan ciri khas warna bunga merah yang sangat cantik.Tekstur batang  sedikit lebih tebal  dan besar di banding dengan kalajengking.Anggrek ini tahan terhadap cuaca panas dan sinar matahari langsung,atau bisa di bilang anggrek ini harus terkena full sinar matahari agar pertumbuhannya maksimal.Cara menanamnya bisa menggunakan pot atau sebagai alat bantu tanam, kita bisa memanfaatkan bambu/kayu sebagai penyangga batang anggrek.


4.Emastori
Emastori atau yang lebih di kenal dengan Anggrek Ema merupakan salah satu jenis anggrek tanah 
yang banyak di cari atau di koleksi oleh para pecinta anggrek.Anggrek ema ini memiliki struktur batang yang sedikit lebih halus di banding dengan jenis anggrek tanah yang lain.Dengan ciri khas warna bunga merah muda yang bisa memanjakan mata para pecinta anggrek.

5.Glosen
Anggrek Glosen,dengan ciri khas kombinasi bunga berwarna putih.Angrek ini di sebut-sebut sebagai anggrek tanah yang paling di cari di kelasnya.karena memiilki keindahan.Anggrek ini sangat mudah perawatanya.Dengan hanya di tanam dim POT atau dengan menggunakan bambu sebagai alat bantu tanam anggrek dapat tumbuh subur.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Tanam dari Batang Pakis

Anggrek Vanda Douglas